Puncak Adam, Tempat yang Disucikan oleh Empat Agama Besar Sekaligus


Di pulau Ceylon , Sri Langka terdapat gunung berbentuk kerucut dengan ketinggian 2240 meter, yang disucikan oleh empat agama di Dunia. Tempat ini dikenal sebagai Puncak Adam atau Adam's Peak. Dinamai puncak Adam karena terdapat sebuah situs berbentuk telapak kaki berukuran sangat besar hingga 180 cm.



Orang Hindu percaya bahwa jejak itu adalah milik dewa Siwa yang pernah berhenti disana dan menyebut gunung tersebut sebagai "Siwa-Nadi-Padan".

Umat Buddha menyebutnya "Sri Pada" atau "Jejak Suci". Menurut legenda yang mereka percayai, Buddha mengunjungi gunung ini pada 500 SM. Kuil Buddha pertama dibangun di sini sudah sekitar 300 SM.



Sedangkan Orang Muslim percaya, ketika Nabi Adam turun dari surga ke dunia, tempat pertama yang beliau pijak adalah gunung ini karena letaknya paling dekat dan mirip dengan surga. Oleh sebab itu masyarakat Sri Langka mengibaratkan tempat ini sebagai surga karena keindahan panorama alamnya yang begitu luar biasa.

Bagi umat Katolik Kristen saat pemerintahan kolonial Portugis di Ceylon pada pertengahan abad ke-17 jejak kaki ini memiliki arti yang berbeda. Menurut mereka, jejak kaki tersebut merupakan milik St. Thomas ketika misi misionarisnya di Asia Selatan.

Saat musim kemarau tiba ribuan peziarah akan datang setiap hari mulai dari Buddha, Hindu, Muslim dan Kristen serta beberapa wisatawannya. Diperkirakan peziarah pertama muncul di sini pada abad XI. Marco Polo saat melakukan penjelajahnya percaya bahwa di puncak gunung adalah kuburan Adam.

Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai berapa umur mengenai jejak kaki tersebut atau komposisinya terbuat dari apa walaupun teknologi sekarang dapat mengetahuinya lebih pasti.

Sumber:
earth-chronicles.com/histori/the-mystery-of-the-footprint-on-adams-peak.html
travel.dream.co.id/news/misteri-jejak-kaki-nabi-adam-di-puncak-gunung-sri-lanka-160211h.html

Comments

Popular posts from this blog

Subhanallah! Allah Mengirim Pasukan Misterius Berjubah Putih Di Gaza, Diduga Malaikat

Mitos Ujung Pelangi Ada Bidadari Mandi atau Tong Emas? Beginilah Kenampakan Sebenarnya

Misteri Legenda Mak Lampir, Yang Disembunyikan Dan Tidak Diketahui